Buat kamu pelanggan setia AgenDrone, disini kumpulan pertanyaan – pertanyaan seputar apa sih itu DRONE? Merek DRONE apa yang terkenal? Tipe DRONE apa yang cocok sama kamu? Bagaimana sih cara belanja di AgenDrone? Yuk disini kita bahas sampai tuntas :

Drone adalah pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan komputer atau juga remote control. Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis.

1. TriCopter : Sebuah drone yang mempunyai 3 Motor, dan 3 Baling – Baling

2. Quadcopter : Sebuah Drone yang mempunyai 4 Motor dan 4 Baling – Baling

3. Hexacopter : Sebuah Drone yang mempunyai 6 Motor dan 6 Baling – Baling

4. Octocopter : Sebuah Drone yang mempunyai 8 Motor dan 8 Baling – Baling

5. RTF : Ready to Fly atau, pesawat sudah lengkap siap terbang, tanpa ada konfigurasi khusus

6. Gyro Axis : Gyro Axis adalah sebuah sensor yang dapat membuat Drone menjadi stabil

7. 4 Channel : Terbang ke atas, terbang ke bawah, terbang ke samping kiri, terbang ke samping kanan

8. Headless : Semua sisi drone bisa jadi kepala, atau bagian depan

9. FPV : Live stream Wi-Fi dari kamera ke media monitor, atau smartphone

10. Kit Only : adalah Full badan pesawatnya saja tanpa elektrik

11. Motor Brushless : adalah Dinamo Motor Elektrik tanpa Brushed, sebagai sumber pendorong/penarik pesawat

12. Propeller :  Baling-Baling

Paling pertama dibutuhkan merakit Drone yakni :

1. Frame Quadcopter .

Frame quadcopter ukuran 250 banyak tersedia di pasaran dengan bahan fiber glass sampai carbon fiber. Memilih carbon fiber tentu lebih mahal, tapi tentu akan lebih ringan sehingga menambah flight time.

2. Motor

Motor brushless outrunner yang akan kita pakai adalah jenis 2300KV-2400KV sebanyak empat unit. Untuk merk motor, banyak pilihannya seperti SunnySky, RCTimer, RCX, ZMR dan sebagainya. Tidak usah bingung, pilih saja seusai budget yang tersedia.

3. Propeller

Delapan unit Propeller yang digunakan untuk 250 yang umum adalah berukuran 50×30, bisa memilih yang berbahan karbon atau nylon. Bagian ini akan menjadi bagian paling sering rusak. Jangan lupa, beli 2 jenis propeller sesuai arah putarannya, yaitu 2 jenis CW dan 2 jenis CCW.

4. Electronic Speed Controller (ESC)

ESC yang dibutuhkan untuk quacopter 250 adalah dengan ukuran 12A-20A. Pastikan ESC menggunakan firmware SimonK yang sudah dikenal kestabilannya untuk penggunaan di multi rotor, atau di tahun 2015 mulai banyak digunakan juga firmware BLHeli. Karena jumlah motor ada empat, maka kita perlu ESC juga sebanayk empat unit.

5. Flight Controller (FC)

Untuk pemilihan FC sebagai otak quadcopter kita, selain masalah harga juga terkait masalah selera. Sejauh apa fitur yang nanti kita inginkan dan seperti apa software yang akan digunakan untuk melakukan settingnya.

6. Radio Transmitter & Receiver

Untuk mencari radio yang tergolong cukup murah dan handal tidak banyak pilihan, yang paling umum adalah menggunakan Turnigy 9XR atau Walkera Devo atau bila ingin lebih tinggi lagi, bisa memilih Taranis. Buat yang ingin menggunakan Throttle di sebelah kiri (bukan kidal), pilih Transmitter Mode 2. Untuk receiver, langsung saja pilih 8 channel.

7. Battery dan Charger

Untuk charger dan baterai, banyak merk dan tipenya, khusus untuk baterai, bisa menggunakan baterai Lipo softpack yang berkapasitas 1400mah – 2200mah 3s untuk mendapatkan flight time 10-15 menit.

Sebelum merakit atau membuat drone sendiri tentu tujuh sejenis diatas wajib dimiliki. Tapi bagi anda yang tidak mau repot dan ingin memiliki drone anda bisa membeli yang sudah jadi dan banyak dijual dipasaran.

Berikut tips memilih drone

  1. Kualitas kamera
Penggunaan drone umumnya digunakan untuk mengambil gambar dari ketinggian tertentu. Untuk itu spesifikasi kamera pada drone sangat penting telebih lagi jika drone digunakan untuk sarana pemotretan atau jurnalistik. Selain itu, Anda juga dapat memasang kamera action sendiri jika kurang puas dengan kamera bawaan drone.
  1. Waktu terbang
Umumnya drone berkualitas mampu terbang sekitar 15 menit. Dengan waktu yang singkat tersebut Anda diharuskan mahir dalam mengambil gambar semaksimal mungkin. Hal ini yang membuat penguna drone harus memiliki keahlian khusus.
  1. Jarak tempuh terbang
Tips memilih drone selanjutnya adalah pilih drone yang memiliki jarak tempuh terbang yang baik. Drone diciptakan tidak hanya memiliki kemampuan untuk terbang, tetapi pengunci GPS yang memungkinkan drone kembali lagi ke titik awal saat baterai mulai lemah. Rata-rata drone mampu terbang hingga sejauh 500 meter hingga 1 kilometer.
  1. Baterai
Sebelum membeli Anda disarankan untuk mengetahui spesifikasi baterai yang digunakan. Biasanya drone berkualitas akan memiliki waktu terbang yang lebih lama dan untuk pengisian akan lebih singkat, yaitu sekitar 2 hingga 3 jam.
  1. Harga
Tips memilih drone yang terakhir adalah memperhatikan harga. Untuk pemula, pilihlah drone yang memilik kualitas standar. Biasanya harga drone tersebut sekitar Rp 1 juta. Ini dapat dijadikan sebagai permulaan mengoperasikan drone sebelum menjadi profesional. Jika sudah mahir, Anda dapat memilih drone dengan kualitas lebih bagus dan tentu biaya akan lebih mahal.
Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pengguna drone pemula. Setelah Anda mahir, Anda dapat memilih drone terbaik yang memiliki kualitas yang lebih canggih. Berikut beberapa drone dengan kualitas terbaik yang perlu Anda ketahui.

Tips seputar perawatan Drone atau pesawat tanpa awak yang belakangan marak digunakan. Berikut cara sederhana agar pesawat Drone berumur panjang dan tetapi bisa digunakan optimal.

Pesawat Drone

“Hal penting pertama yang perlu diperhatikan untuk dalam rangka merawat drone mengenai penggunaan baterai. Apabila tidak menggunakan jangka waktu lama, semisal dua minggu, sisakan 50 persen kapasitas baterainya,” ucap Fajar kepada Okezone belum lama ini.

Jika drone sedang Anda gunakan, usahakan sisakan kapasitas baterai minimal 30 persen. Sehingga sebaiknya Anda mengunakannya sebanyak 70 persen untuk terbang.

“Jadi semisal baterai drone yang sedang Anda terbangkan, setelah baterainya terpakai sebanyak 70 persen, segera landing-kan pesawat itu,” papar Fajar.

Selain itu, perhatikan juga baling-balingnya, apakah ada yang retak. Perlu diketahui pula, Fajar menegaskan, baling-baling drone ini sangat berbahaya apabila sampai terkena tangan.

“Saat bermain drone aspek keamanan ini sangat penting, terutama perhatikan jangan sampai baling-balingnya mengenai tangan siapapun, karena bisa langsung mengoyak kulit cukup dalam,” ungkap Fajar mewanti-wanti.

Kemudian juga, lihat juga dari sisi fisiknya, seperti frame apakah ada yang patah atau bengkok. Jika ada harus segera diperbaiki. Tengok juga bagian motor, jangan sampai keset, bila demikian harus segera dibersihkan agar baling-baling bisa berputar dengan baik.

sumber: okezone.com

Kamu pelanggan setia AgenDrone ingin belanja di website kami? Caranya mudah kok, tinggal baca step-stepnya di link berikut ini cara membeli drone, Atau kamu juga bisa belanja melalui media social kesayangan kamu salah satunya Tokopedia berikut link Toko kami yang bekerjasama dengan Tokopedia AgenDrone Tokopedia.

Kamu pelanggan setia AgenDrone ingin belanja di website kami? Caranya mudah kok, tinggal baca step-stepnya di link berikut ini cara membayar di AgenDrone .

Kamu pelanggan setia AgenDrone ingin belanja di website kami? Caranya mudah kok, tinggal isi step-stepnya di link berikut ini konfirmasi pembayaran.